Selasa, 06 November 2012

KAndungan fitokimia dalam kunyit berkhasiat untuk pengobatan

 Kunyit mengandung minyak atsiri 3%-5%,damar,curcumin,pati,tanin,lemak,protein,kalsium,fosfor,zat besi,dan fitamin C.
Kunyit sering digunakan sebagai campuran jamu tradisional.pada daerah tertentu,para perempuan di biasakan untuk meminum ramuan jamu yang mengandung kunyit dengan tujuan untuk menghaluskan kulit dan memperlancar haid.
   Rimpang akunyit bersifat mendinginkan,membersihkan,memengaruhi bagian perut terutama lambung,merangsang,melepaskan kelebihan gas di usus,menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah,dan sebagai obat anti gatal,anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut.selain itu juga berfungsi sebagai antikoagulan,menurunkan tekanan darah,dan obat cacing.
    Untuk pengobatan,kunyit biasanya di konsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat,juga dapat di minum sebagai ekstrak atau di gunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak.kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung tersumbat,dan caranya kunyit di bakar kemudian menghirupnya.selain itu,kunyit juga digunakan untuk penyakit koreng dan kudis,caranya pun mudah,cukup daun kunyit di panasi di atas api dan selanjutnya di balut pada bagian kulit yang terkena koreng.
   Kunyit selain sebagai bumbu dapir juga juga digunakan untuk obat dan kosmetik.dengan begitu banyak khasiat dari rimpang kunyit berdasarkan penelitian yang dilakukan.kunyit adalah salah satu rempah untuk pengobatan alternatif yang turun-temurun telah diwariskan kepada kita.
   Sebagai generasi penerus,sudah sewajarnya kita melestarikan cara pengobatan alternatif tersebut.pengobatan alternatif(jamu) ini perlu di lestarikan. karna terbuat dari bahan alami yang tidak berefek negatif dan beracun asalkan dalam pemakaian yang tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar