Minggu, 04 November 2012

Optimalkan kinerja sistempencernaan agar awet muda

        perut kemnbung,sebah mulas,dan sembelit adalah sebagian ketidak nyamanan yang di akibat kan oleh sistem pencernaan yang kurang baik.apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan fungsi pencernaan kita?karena kalau di biarkan justru akan membuat fungsi pencernaan jadi terganggu dan bisa menimbulkan penyakit yang lebih berat.lagi pula kunci dari kesehatan yang maksimal adalah sistem pencernaan yang cepat dan efisien.     Jadi apabila sistem pencernaan kita lambat dan kacau,maka seluruh tubuh yang akan kena getahnya.kita dapat melakukan hal-hal berikut ini supaya terhindar dari gangguan sistem pencernaan kita.
  makanlah hanya saat merasa lapar. Namun beri pernapasan pada sistem pencernaan kita.jadi sebelum kita makan,minumlah air yang di campur dengan perasan lemon dan madu. tunggu selama setengah jam baru kita mulai makan.
  Kunyah makanan denan baik.Pencernaan dimulai dari dalam mulut.jangan mengunyah secara terburu-buru.
  konsumsi makanan kaya protein dengan sayuran,Protein dan karbohidrat (seperti nasi kentang,dan sebagainya)Sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan,karena keduanya membutuhkan pola pencernaan yang berbeda.
  Hindari mengkonsumsi terlalu banyak jenis makanan dalam satu kali makan,makan lah buah dan sayur secara terpisah.Mengkonsumsi buah dan sayur pada saat makan hanya akan memperlambat pencernaan.
    Jngan minum apapun sambil mengunyah maknan.minum sambil mengunyah hanya akan menbuat cairan pencernaan menjadi encer dan kurang efektif.Denagan begitu pencernaan akan berjalan lambat.
    Jangan terlalu banyak asupan serat.serat memang baik untuk pencernaan, namun apabila jumlahnya terlalu berlebihan serat dapat merusak usus kita..bahkan jika kita kurang mengkonsumsi air,maka serat dapat menghambat usus.untuk menghindari hal ini makan lah makanan yang kaya serat,sehingga kita tak perlu lagi mengosumsi serat tambahan secara terpisah.
   Makanlah dalam suasana yang santai.Apabila kita makan dalam kondisi stres atau tegang,cobalah kendalikan sres saat sedang makan.Matikan televisi batasi pembicaraan (berat) di meja makan,dan matikan telepon.bahkan lebih baik kita menghindari makan ketika sedang sress dan minum air putih saja hingga kita merasa tenang.
    Minumlah sebanyak 8-10 gelas air per hari. Dimulai 2 gelas saat bangun tidur,satu gelas setengah jam sebelum makan,dan satu atau dua gelas setelah makan, air berfungsi sebagai pelumas untuk menjaga lambung anda bekerja dengan mulus.asupan air yang cukup juga membantu penyerapan nutrisi dan membuat darah kita tidak terlalu kental.
    Pilih trend kembali ke alam atau back to nature menjadi pengobatan berbagai penyakit,terutama penyakit degeneratif,Herbal merupakan salah satu pengobatan alami dengan memanfaatkan kandungan tanaman yang berkhasiat obat. Cara ini relatif murah karena bahan untuk membuatnya bisa di peroleh di lingkungan sekitar atau menanam sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar