Senin, 05 November 2012

Meraih sehat dari bumbu dapur

Sejak lama masyarakat indonesia telah memanfaatkan bumbu dapur sebagai obat berbagai penyakit.bahkan sebagian besar masyarakat indonesia sangat akrap dengan obat-obatan tradisional yang berasal dari berbagai tumbuhan.tak jarang,obat-obatan itu berasal dari tumbuha yang kerap di jadikan bumbu dapur seperti kunyit,jahe,bawang putih,dan merah,jeruk nipis,kapulaga,atau cabai.
  kata spices (bumbu)berasal dari bahasa latin,spices ,yang artinya buah-buahan dari bumi. bumbu berasal dari tanaman yang tumbuh di uiklim semitropis dan tropis,berasal dari batang,bunga,buah,kuncup,akar,daun,dan kulit batang.bumbu-bumbu ini sangat aromatik karena kandungan minyak esensialnya.
  beragam bumbu dapur tersebut sudah lama digunakan sebagai obat berbagai penyakit,mulai dari penyakit ringan seperti ,pilek,batuk,hingga penyakit berat seperti vertigo dan tekanan darah tinggi.
   bahan-bahan ini juga mudah di temukan di dalam lemari dapur,karena kerap di pakai oleh smua rumah tangga di indonesia.dengan begitu bila saat malam hari saat apotek sudah tutup,bisa menjadi alternatif mengobati penyakit.namun dianjurkan menggunakan bumbu dapur yang alami,bukan kemasan pabrik,agar khasiatnya lebih alami bagi tubuh.
   salah satu bumbu hebat adalah si kuning kunyit. kunyit dipercaya dapat melancarkan peredaran darah,mengatasi gangguan pencernaan,disentri,hingga radang usus. kunyit juga dipercaya dapat membantu mempercantik kulit serta dapat menurunkan kolesterol.
  Kunyit (Curcuma domestica val) mempunyai sebutan lain kunyet,kunit,kunyir,konyi,kunyik,konyek,hunyik,kunyeh,kuneh,kunir,kunir bentis,temu kuning,temo koneng,dan koneng temen.
 tanaman ini banyak ditanam atau di budidayakan sebagai tumbuhan pelengkap bumbu dapur atau obat-obatan.tinggi tanamanya dapat mencapai 0,75 m atau lebih. daunya berbentuk lonjong. bunganya merupakan bunga majemuk dengan warna merah atau merah muda.rimpangnya berwarna kuning tua.
    walaupun di anggap tradisional, tetapi kunyit telah di teliti secara laboratorium untuk mengetahui kandungan zat dan efeknya bagi kesehatan. bahkan di bandingkan pengobatan kimia,pengobatan dengan tanaman obat seperti kunyit tidak menimbulkan evek samping dan aman dikonsumsi asalkan mengikuti petunjuk pemakaian dan tidak berlebihan dosisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar