Rabu, 07 November 2012

Mengenal 20 Manfaat kesehatan Kunyit si Bumbu Ajaib

Bahan aktif dalam kunyit adalah curcumin.kunyit telah digunakan lebih dari 2.500 tahun di india,di mana awalnya di gunakan sebagai pewarna.kandungan utama selain curcumin adalah minyak atsiri.

Bumbu dan rempah bukan hanya menyedapkan masakan,tapi juga mengandung zat-zat yang berhasiat untuk kesehatan. kunyit merupakan salah satu penyembuh alami yang paling kuat.
apa lagi ''properti'pengobatan dari bumbu ini perlahan- lahan dari penelitian terbaru di laboratorium semakin menunjukan kunyit sebagai obat alami yang terbukti bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan dari kangker sampai penyakit Alzheimer.

  Bumbu ajaib dengan curcumin rahasia ampuhnya.

Kunyit dapat berfungsi untuk pengobatan hepatitis,antioksidan,gangguan pencernaan,antimikroda(broad spectrum),anti kolesterol ,anti HIV,anti tumor,(menginduksi apostosis),menghambat perkembangannsel tumor payudara(hormone dependent and independent),menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar(dose-dependent),anti-rheumatoid arthritis (rematik) dapat di gunakan dalam industri hilir dalam berbagai bentuk (ektrak,minyak,pati,makanan,minuman,kosmetik,produk farmasi dan IKOT/IOT).
    Kunyit mengandung curcumin,yaitu suatu zat anti bakteri yang dapat merangsang dinding kantong empedu untuk berkontraksi mengeluarkan empedu untuk sehingga pencernaan lebih sempurna.
  Kelebihan zat ini bisa menyebabkan kekosongan kantrong empedu.Selain itu,juga mengandung minyak atsiri yang berhasiat mencegah keluarnya asam lambung yang berlebihan dan mengurangi peristaltik usus yang terlalu kuat.
 Rimpangnya juga mengandung zat lain seperti minyak volatil,protein,kalsium,curcumin,damar,gom,pati,lemak,kalsium,fosfor,besi,dan vitamin C.
    Dari penelitian,ternyata curcumin,pigmen yang memberikan warna pada kunyit dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dengan membatasi timbunan protein destruktif di otak.juga dapat membantu menghentikan gastric dan kangker kolom dengan memperlambat efek dari bakteri saluran cerna yang berbahaya. itu sebabnya kunyit di anggap sebagai salah satu bumbu tersehat di dunia karena khasiatnya. Bahkan kunyit membantu penyembuhan luka.
    Studi-studi menunjukan,curcumin adalah senyawa anti-inflamasi (anti-inflammatory) yang standarnya sama dengan cortisone,mengurangi inflamasi pada hewan dansimtom rematik pada manusia.Dalam uji lainya,kunyit menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah,melindungi liver dari racun,meningkatkan perlindungan perut terhadap asam,menurunkan gula darah pada diabetes,dan melawan sejumlah senyawa penyebab kangker(aktifitas antikangker).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar